Sabtu, 21 Maret 2015

Mengembalikan Semangat setelah Libur Panjang

 Mengembalikan semangat setelah libur panjang 
Libur panjang memang menyenangkan. Namun jika waktu libur telah usai, tidak sedikit dari kita menjadi kurang bersemangat saat akan kembali menjalani aktivitas rutin seperti bekerja. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan sesuatu yang dapat mengembalikan semangat. Bagi anda yang telah menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kini kurang bergairah saat memulai aktivitas harian seperti bekerja, cobalah beberapa tips berikut ini untuk mengembalikan semangat anda.

10 Tips untuk mengembalikan semangat setelah libur panjang

1. Sarapan
Usahakan untuk tidak melewatkan sarapan pagi, karena jika tidak sarapan akan membuat anda cepat lelah di siang hari. Menyempatkan sarapan dengan makanan yang sehat dan berenergi membantu menghindarkan keinginan untuk ngemil di saat menunggu waktu makan siang.

2. Minum air dengan campuran madu
Minum kopi di pagi hari mungkin sulit dihindari. Namun sebaiknya anda tidak minum kopi disaat sedang tidak bergairah, karena kopi merupakan diuretik yang dapat membuat tubuh kehilangan cairan. Sebagai gantinya, anda dapat minum air mineral dengan campuran madu atau lemon, yang dapat meningkatkan sistem imun dan membantu sirkulasi tubuh.

3. Olahraga ringan
Berolahraga tidak harus dengan jogging keliling kompleks atau ke pusat kebugaran. Di saat tubuh kurang bergairah, anda dapat berolahraga dengan lari kecil di tangga. Dengan menggerakkan tubuh setelah bangun tidur, maka akan membantu memompa darah dan meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan konsentrasi.

4. Tarik Napas dalam-dalam
Menarik napas dalam-dalam saat bangun tidur dan melepaskannya perlahan dapat merilekskan pikiran dan menghindari rasa cemas serta stres berlebihan.

5. Bersihkan rumah
Membuat lingkungan bersih dan rapi membantu otak untuk lebih mudah berkonsentrasi.

6. Pilih warna yang menimbulkan semangat
Kamar tidur merupakan faktor lingkungan yang mendukung dalam mengembalikan semangat untuk kembali beraktivitas, oleh karena itu pilihlah atau ganti sprei, selimut, korden, dan lain sebagainya dengan warna yang dapat membantu mengembalikan semangat anda.

7. Jauhkan alarm
Alarm adalah teman yang baik untuk membangunkan tidur. Namun letakkanlah alarm ke tempat yang sedikit jauh dari posisi tidur anda agar tubuh dapat melakukan gerakan dan melakukan peregangan saat mematikannya, sehingga anda dapat cepat terbangun.

8. Tegakkan postur tubuh
Menjaga postur tubuh tetap tegap saat berjalan akan membantu meredakan ketegangan, sebab aliran darah akan menjadi lancar, sehingga dapat membuat anda berpikir lebih jernih.

9. Ceritakan pengalaman saat liburan
Setelah libur panjang, hendaknya tidak mengisolasi diri, lebih baik ceritakan kepada teman atau saudara tentang pengalaman yang menyenangkan saat anda menghabiskan liburan bersama keluarga, karena itu dapat membuat perasaan lebih senang dan dapat membantu anda untuk fokus kembali menjalani aktivitas rutin.

10. Berkumpul dengan teman
Tidak sedikit orang yang sering mengeluh jika harus kembali beraktivitas setelah liburan panjang. Daripada mengeluh lebih baik anda membuat rencana untuk mengadakan acara walaupun sekadar berkumpul dengan teman setelah jam kantor. Hal ini dapat membantu menghindari stres pasca liburan.

6 komentar: